FOLLOW KAMI DI

Pencarian
Polling
Bagaimanakah Website Masjid Agung Jami Malang ?
 
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini470
mod_vvisit_counterKemarin342
mod_vvisit_counterMinggu Ini2592
mod_vvisit_counterMinggu Lalu3267
mod_vvisit_counterBulan Ini10092
mod_vvisit_counterBulan Lalu51469
mod_vvisit_counterJumlah2064485

We have: 23 guests online
IP: 18.206.241.26
18 Jul, 2019



PostHeaderIcon Terbaru

Apa yang Paling Tajam di Dunia ini?

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali mengajukan enam pertanyaan diantaranya :

1. Apa yang paling DEKAT dengan diri kita di dunia?
2. Apa yang paling JAUH dari kita di dunia?
3. Apa yang paling BESAR di dunia?
4. Apa yang paling BERAT di dunia?
5. Apa yang paling RINGAN di dunia?
6. Apa yang paling TAJAM di dunia?

Murid-muridnya menjawab, bahwa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini adalah orang tua, guru, kawan, dan sahabat.

Imam Ghozali mengatakan semua jawaban itu benar. Tapi yang paling dekat dengan kita adalah "Mati".  Sebab itu janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.

Jawaban yang kedua, yang paling jauh dari diri kita di dunia ini adalah negara China, bulan, matahari dan bintang-bintang. Imam Ghozali mengatkan, semua jawaban yang mereka berikan itu benar. Tapi yang paling benar adalah "Masa Lalu". Walau dengan apa cara sekalipun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Karena itu, kita harus menjaga hari ini dan  hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Jawaban ketiga, yang paling besar di dunia ini adalah gunung, bumi dan matahari. Menurut Imam Ghozali, jawaban itu benar. Namun, yang paling besar  yang ada di dunia ini adalah "Nafsu". Karena itu, kita harus berhati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Jawaban keempat,  yang paling berat di dunia ini adalah besi dan gajah. Semua jawaban adalah benar, kata Imam Ghozali, tapi yang paling berat adalah "Memegang Amanah" (Al Ahzab 72).

Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Jawaban kelima,  yang paling ringan di dunia ini adalah kapas, angin, debu dan daun-daunan.  Semua itu benar kata Imam Ghozali, tapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan salat. Gara-gara pekerjaan, kita meninggalkan salat; gara-gara hidup bermasyarakat, kita meninggalkan salat.

Jawaban keenam,  yang paling tajam di dunia ini adalah pedang.

Benar kata Imam Ghozali, tapi yang paling tajam adalah "Lidah Manusia". Karena melalui lidah, Manusia selalunya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

 
Selamat Datang di Website Resmi Masjid Agung Jami Malang - Indonesia , Kirimkan Kritik, Saran dan Informasi ke admin@masjidjami.com