FOLLOW KAMI DI

Pencarian
Polling
Bagaimanakah Website Masjid Agung Jami Malang ?
 
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini81
mod_vvisit_counterKemarin454
mod_vvisit_counterMinggu Ini3093
mod_vvisit_counterMinggu Lalu4050
mod_vvisit_counterBulan Ini15298
mod_vvisit_counterBulan Lalu17625
mod_vvisit_counterJumlah1658802

We have: 39 guests online
IP: 54.162.184.214
23 Mei, 2018



PostHeaderIcon Terbaru

Perilaku yang Dapat Membawa Keberkahan

Ali bin Husain menyampaikan sebuah riwayat dari kakeknya, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Apabila seseorang memiliki empat sifat, berarti sempurna Islamnya sekalipun dia memiliki banyak kesalahan. Empat sifat tersebut adalah; Jujur, syukur, malu melakukan maksiat, dan berakhlak mulia."

Diceritakan, dalam perjalanan hidupnya, Syaikh Jakfar At-Thayar tidak pernah berbuat bohong, hingga memiliki keberkahan yang luar biasa. Ketika dia gugur dalam sebuah peperangan, Allah menjadikan dua sayap berwarna hijau baginya, terbuat dari mutiara dan yaqut, kemudian dia terbang bersama para malaikat.

Suatu ketika Rasulullah bertanya kepadanya; "Hai Jakfar keluarga Ali bin Abi Thalib, amal apakah yang menyebabkan dirimu mendapatkan karamah setinggi itu?" Jawabnya: "Aku tidak mengerti. Hanya saja, ketika masih kafir dan setelah memeluk agama Islam, aku selalu menjauhi tiga perkara."

Rasulullah SAW kemudian bertanya lagi: "Hai Jakfar, apakah tiga perkara itu?" Jawab Jakfar: "Tidak pernah berbohong, tidak pernah berzina, dan tidak pernah mabuk-mabukan."

Lalu Rasulullah SW bersabda: "Apa yang engkau katakan adalah benar. Tiga perkara tersebut adalah bagian dari ajaran syariat Islam, yang apabila  dilanggar berarti pelakunya telah melakukan perbuatan haram. Tapi, mengapa ketika masih kafir engkau juga menjauhi tiga perkara itu?"

Jawab Jakfar: "Dalam perjalanan hidupku selama masih kafir tidak pernah melakukan perbuatan bohong, sebab aku selalu berpikir, dalam pandangan umat manusia bohong adalah perbuatan jahat. Bila perbuatan bohong itu diketahui orang lain, tentu akan merasa malu. Karena itu, aku selalu menjauhi perbuatan bohong. Dalam perjalanan hidupku selama masih kafir tidak pernah melakukan perbuatan zina. Sebab aku selalu berpikir, bila istri, anak, atau saudara perempuanku dizinahi orang lain, tentu aku akan marah kepadanya, dan dia pasti cacat denganku. Perasaan yang aku alami, pasti akan dialami pula oleh orang lain yang keluarganya aku zinahi. Karena itu, aku selalu menjauhi perbuatan zina. Dalam perjalanan hidupku, selama masih kafir aku tidak pernah melakukan perbuatan mabuk-mabukan. Sebab aku selalu berpikir, bahwa setiap orang pasti berkeinginan memiliki akal sehat. Padahal orang yang sedang mabuk, berarti akalnya sedang hilang dan tidak sehat. Karena itu, aku selalu menjauhi mabuk-mabukan."

Setelah Jakfar At-Thayar memberikan jawaban tegas kepada Rasulullah, kemudian malaikat Jibril datang, seraya berkata: "Hai Muhammad, apa yang dikatakan Jakfar adalah benar. Karena itu, kemudian Allah menjadikan dua sayap berwarna hijau buatnya, lalu dia terbang bersama para malaikat. Sebab dia telah menjauhi tiga perkara yang sangat dilarang agama."

 
Selamat Datang di Website Resmi Masjid Agung Jami Malang - Indonesia , Kirimkan Kritik, Saran dan Informasi ke admin@masjidjami.com